MENGAPA PERLU BELAJAR AFFILIATE MARKETING ?

Affiliate Marketing StepsSebagian orang mungkin sudah sering mendengar istilah affiliate marketing terutama yang setiap harinya searching di internet tapi ada sebagian lagi yang belum bahkan tidak tahu sama sekali. Saya yakin anda yang membaca tulisan ini adalah orang yang rendah hati meskipun sudah paham atau belum paham akan terus belajar untuk meningkatkan kapasitas diri.

Affiliate marketing adalah suatu cara untuk mendapatkan atau menghasilkan uang dari internet. Bagaimana caranya …? Semua itu tentu ada “pemahaman awal” (pola pikir), “tahapan” (proses), “tantangan” dan “solusi” serta “pembimbing” ( pelatih/ coach )yang mengarahkan anda sampai ketujuan.

Affiliate merchant adalah perusahaan atau orang yang memiliki produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet. Orang yang ingin membantu menjual produk tersebut maka harus ikut program affiliate dulu dari pemilik merchant sampai semua persyaratan terpenuhi. Setelah itu dapat membantu untuk menjualkan produk atau jasa dan bila laku terjual maka orang yang membantu tersebut akan mendapat komisi dari orang yang mempunyai produk atau jasa. Kumpulan orang yang mendapatkan uang dari hasil diatas disebut Affiliate Marketers.

Kita semua tentu ingin tahu bagaimana caranya “bisnis affiliate marketing” bekerja sehingga bisa menghasilkan uang. Bisnis affiliate marketing ini dalam memasarkan produk atau jasanya memakai jalur khusus atau link khusus yang disebut affiliate link.

Pada saat kita searching di internet kemudian menemukan website dari affiliate merchant yang menawarkan produk atau jasa tertentu, maka sebaiknya telusuri dulu apakah affiliate merchant ini resmi atau tidak, inipun bisa langsung cross check. Bila resmi maka selanjutnya kita pelajari tentang peraturan dan bagi hasilnya, bila setuju maka bisa mendaftarkan pada affiliate merchant tersebut, biasanya dengan mengisi form secara lengkap.
Belajar Affiliate
Selanjutnya ada perjanjian antara kita dengan affiliate merchant yang menjadi pegangan bagi kedua belah pihak. Setelah perjanjian disetujui kedua belah pihak maka affiliate merchant akan memberikan link khusus kepada kita. Pada link tersebut biasanya akan tercantum angka, huruf dan ID affiliate yang fungsinya adalah untuk mendeteksi hasil penjualan produk atau jasa dari orang tersebut.

Tugas selanjutnya setelah mendapatkan link maka mempromosikan affiliate link tersebut secara online sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki, tujuannya adalah supaya terjual produk atau jasa yang kita tawarkan sebanyak-banyaknya.

“Inilah langkah awal yang sangat mendasar yang perlu dipahami” oleh para pemula di bisnis affiliate marketing sehingga tidak salah langkah. Dalam tulisan berikut akan kami share program lanjutan yang menarik kepada anda .

Haryoko Dwiyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *