Cara mudah mendapatkan uang dari internet dengan blog

Cara mudah mendapatkan uang via online diinternet dengan blog untuk pemula,karyawan,IRT,mahasiswa dan siapa saja yang menginginkan uang tambahan. Dalam dunia maya ada banyak produk yang bisa dijual untuk mendapatkan uang tapi pada prinsipnya dari sekian banyak produk maka secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua jenis produk.

Cara mendapatkan uang online dari internetYaitu produk yang berbentuk/ produk fisik/ produknya bisa dipegang, diraba, misalnya baju, tas, sepatu, asesoris dan masih banyak lagi kemudian produk yang tidak berbentuk/ tidak bisa dipegang dan tidak bisa diraba , bisa berupa produk digital dan produk jasa. Contoh produk digital misalnya panduan ebook, kursus online, software dan tutorial dalam bentuk video. Contoh untuk produk jasa misalnya jasa penerjemah, jasa membuat artikel, jasa desain dan lain sebagainya.

Karena terlalu banyaknya produk maka kemungkinan menjadi bingung jenis produk apa yang mau dijual ? Pertanyaan ini merupakan hal yang wajar bila ada diantara para pembaca,  apakah anda seorang pemula, ibu rumah tangga, mahasiswa/ mahasiswi dan siapa saja yang berusaha untuk mendapatkan uang tambahan ataupun penghasilan sampingan diluar gaji yang biasa  diterima setiap bulannya.

Jadi jenis produk apa yang mau dijual maka kita harus mencari tahu dulu apakah yang dibutuhkan oleh pasar diluar sana ? Bagaimana caranya mencari tahu kebutuhan pasar maka bisa digunakan alat yang namanya “Google Keyword Planner” atau alat untuk riset pasar diinternet. Dengan alat ini maka akan dapat diketahui potensi pasar dari yang besar sampai terkecil, kuasai tehnisnya maka anda akan mudah untuk menjual suatu produk yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Sebelum membuat blog ada baiknya dimulai dengan mencari tahu seperti apa market/ pasar dari produk kita. Dengan demikian pemberian nama blog tersebut diusahakan nama yang banyak dicari oleh banyak orang. Loh kok bisa, itulah gunanya riset pasar sangat bermanfaat untuk sebuah nama blog.

Bagi pebisnis online yang masih pemula, akan lebih baik bila memulai dengan menjual produk yang sudah ada pasarnya. Jadi tidak perlu melalui proses edukasi pasar lagi sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga, lebih cepat mendapatkan penghasilan dari bisnis online ini. Jadi fokusnya apa dalam menentukan produk yang akan dijual nanti melalui blog ?

Nah inilah manfaatnya sebuah ide yang perlu anda miliki dan kembangkan dari waktu ke waktu, misalnya anda mempunyai hobi tertentu, mempunyai komunitas tertentu, atau biar anda tidak kesulitan, juga perlu dicoba dengan membaca artikel yang didapat dari internet, dengan kata pencarian “ mencari ide bisnis online dan afiliasi”, kata pencarian bisa anda modifikasi yang maksud dan tujuannya sama. Dengan pencarian seperti ini maka akan terkumpulah segudang ide yang muncul, iya itulah aset anda yang bisa segera dieksplorasi lebih lanjut. Bila anda sudah mempunyai produk yang akan dijual maka itu lebih baik.

Setelah tahu jenis produk  maka saatnya mencari cara mendapatkan produk dan mempersiapkannya untuk dijual via internet. Ada beberapa jenis produk yang dapat dijual via internet, antara lain :

  1. Afiliasi
  2. Produk sendiri
  3. Dropship/ reseller
  4. Kerja sama / joint venture

Konsep afiliasi adalah membantu menjualkan dan mempromosikan produk orang lain, bila terjadi transaksi penjualan dari produk yang dijual maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian diawal melalui pihak ketiga. Produk afiliasi ini merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan bila belum mempunyai produk sendiri. Ada banyak situs yang menyediakan layanan afiliasi diinternet, baik itu situs lokal Indonesia atau dari luar negeri dengan kata pencarian seperti dicontohkan diatas.

Produk sendiri adalah produk yang dibuat sendiri, modal sendiri dan dipasarkan via internet sendiri. Wach repot dong baru mau mulai usaha semua dikerjakan sendiri apalagi modal masih sangat minim. Tapi kalau anda mau sedikit kreatif dengan modal terjangkau bisa dicoba lebih dulu, misalnya anda buat cabai ulek atau cabai yang diblender sampai halus, keripik singkong, talas goreng dan sebagainya, semua bisa dijalankan asal tetap fokus pada produk yang anda jual.

Pengertian dropship adalah sebuah sistem pemasaran dimana penjual tidak perlu menyimpan stok produk tapi bila penjual mendapatkan order dari pembeli tersebut maka penjual segera meneruskan order dan detail pengiriman produk kepada pihak distributor  kemudian distributor akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli atas nama penjual. Pembeli mentransfer uangnya dan ongkos kirim ke penjual kemudian penjual membayarkan uang kepada distributor.

Pengertian Reseller dengan Dropship hampir sama, hanya saja kalau reseller pakai menyetok produk.

Pengertian kerja sama adalah gabungan dari dua orang atau lebih dalam suatu ikatan perjanjian dengan tujuan untuk membangun bisnis bersama. Misal si A mampu dan ahli membuat suatu blog yang sangat bagus tapi mempunyai kendala dalam hal promosi atau pemasaran kemudian bertemua dengan si B yang ahli dalam bidang pemasaran atau promosi, maka keduanya bisa bersepakat dengan ikatan perjanjian bisnis untuk suatu tujuan yang sama dan masih banyak lagi bentuk contoh lainnya.

Bila anda bersemangat untuk memulai menjalankan bisnis online ini maka sudahkah anda memiliki blog ? Bila belum maka sebaiknya buat blog dulu sesuai produk yang akan anda jual, biasanya diawal karena terkendala modal maka bisa dimulai membuat blog yang gratisan dulu semoga bila sudah menghasilkan bisa buat blog yang berbayar.

Bila blog sudah jadi maka anda sudah bisa berjualan dengan cara promosi, ambil contoh produk yang paling mudah saja yaitu afiliasi. Dengan produk afliasi ini maka bila anda sudah memahami dan bersepakat tentang aturan mainnya, silahkan dimulai.

Cara memulainya anda bisa berpromosi dengan link afiliasinya atau dengan bannernya dipasang pada blog milik anda sendiri. Sampai disini anda akan dapat tantangan dan sekaligus pengalaman seiring dengan berjalannya waktu. Manfaatkan tantangan dan pengalaman untuk membangun bisnis online lebih maju dalam mendapatkan uang dari blog.

Dari beberapa keterangan dan contoh diatas maka diharapkan para pembaca sudah mempunyai sedikit gambaran bagaimana cara mendapatkan uang dengan blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan terima kasih bila anda mau berbagi melalui media sosial dibawah ini.

Yang siap berubah klik   #SOLUSI HIDUPMU#

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *