8 Info cara mudah berbisnis online mrpk peluang memulai usaha

Inilah info cara mudah berbisnis online via internet yang merupakan peluang memulai usaha menguntungkan  sebagai bisnis sampingan rumahan. Seiring dengan makin banyaknya dan peningkatan pengguna internet begitu juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini khususnya

Info buka usaha online via internet jadi mudah

perkembangan bisnis ecommerce. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok pada bidang bisnis online dan juga bisnis konvensional yang dionlinekan.

Selain di bidang ecommerce (jual beli melalui internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui koran dan majalah konvensional sekarang sudah berubah menjadi koran online seperti; Detik.com, Kompas.com, TribunNews.com, Tempo.co, Republika.co.id, dan masih banyak lainnya.

Bisnis internet juga banyak dijalankan oleh mereka yang baru mulai belajar tentang bisnis online dan juga yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahliannya tersebut.

Kita sering melihat sebuah bisnis konvensional yang kemudian dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk membuat merk atau brand supaya lebih terkenal.

Singkatnya ada beberapa peluang usaha online di tahun 2018 ini yang akan semakin besar peluangnya dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin menjalankan bisnis meskipun hanya sampingan dikerjakan dirumah serta menggairahkan banyak pihak yang sedang berbisnis online.

Mungkin ada yang bertanya……..siapa saja yang bisa menjalankan bisnis online?

Bisnis online adalah bisnis yang bisa dijalankan dengan adanya koneksi internet. Jadi siapa saja yang memiliki koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile bisa menjalankan bisnis internet. Target marketnya pun tidak terbatas baik menjual produk lokal maupun internasional sehingga persaingan dan cara berbisnis online sangat kompetitif. Cara dan strategi pemasaran berkembang pesat seiiring ketatnya persainggan di bisnis online.

Bisnis internet bisa dijalankan oleh siapa saja bahkan bagi mereka yang gaptek bisa belajar bisnis online.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah bisnis online terbaik dan terpercaya yang bisa menguntungkan untuk jangka pendek, menengah dan panjang ? Berdasarkan pengalaman saya dan juga info yang saya temukan tentang bisnis internet, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online terbaru yang menjanjikan walaupun tanpa modal besar dan bisnis ini bisa dikerjakan dari rumah:

 

Artikel terkait :   Bisnis afiliasi kesehatan 2017 – 2018 

 

  1. Berbisnis Internet memasarkan produk sebagai Afiliate Marketer

Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh pebisnis online.  Affiliate Marketer adalah orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Tentunya untuk menjadi  Affiliate Marketer, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

Dalam menjalankan bisnis online, rasa percaya dari calon konsumen itu adalah sesuatu yang sangat penting. Sebaiknya kita perlu mempelajari latar belakang dari orang yang ingin kita pertemukan, baik si penjual maupun calon pembeli.

Beberapa bisnis yang menggunakan jasa Affiliate Marketer/ makelar online antara lain; menjual website, menjual property, menjual jasa dan lain-lain. Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai makelar online adalah dalam hal penentuan harga produk/ jasa yang Anda berikan. Sebaiknya mengambil untung tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil karena ini menyangkut keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda.

Anda bisa berkunjung untuk menemukan berbagai produk yang bisa dijual kembali di situs marketplace berikut:

Olx.co.id (jual beli beragam produk)

 

  1. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan yang sangat baik dalam bidang tertentu, dalam artian Anda adalah seorang expert di bidang yang Anda geluti. Beberapa contoh untuk bidang bisnis ini adalah konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi buat landing pages yang responsive, konsultasi facebook marketing, konsultasi tentang dunia kesehatan, dan lain-lain.

Dulu bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline tapi sekarang bisnis di bidang jasa konsultasi sangat marak kita temukan di internet. Jadi bila Anda punya keahlian di bidang tertentu maka keahlian tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan secara online.

 

  1. Menjadi Seorang Blogger Profesional

Kalau bisnis online yang satu ini pasti hampir semua orang bisa mengerjakannya. Ada beberapa blogger yang mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari blog/ website yang dibangun.

Penghasilan dari blog bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain. Untuk menjadi seorang blogger tentunya bukan merupakan hal yang sulit. Saya sendiri pada awalnya tidak begitu suka menulis dan membuat artikel bahkan pada awal pembuatan blog ini, tapi setelah dicoba dengan beberapa artikel maka akhirnya terbiasa juga.

 

  1. Bisnis Internet dengan Menjual Produk Orang Lain

Bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini, mengapa ? Karena konsumen di Indonesia sudah banyak yang mulai beralih ke online dan menjalankan bisnis internet ini tidak diperlukan modal besar bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) yaitu tidak dipusingkan dengan pengadaan barang yang akan dijual dan proses pengirimannya. Hal inilah yang disenangi oleh banyak orang yang tidak mau ribet.

Ada banyak toko online yang menawarkan cara ini, tentunya kita juga harus mempelajari dulu riwayat transaksi dari toko online tersebut. Pastikan bahwa Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko onlinenya sebgai pengirimnya atas nama kita. Dengan demikian kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila ingin melakukan penjualan di kemudian hari. Produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship biasanya barang dalam bentuk fisik.

Selain menjual produk berbentuk fisik, kita juga bisa menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Biasanya program ini disebut dengan affiliasi dimana kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kita jual melalui link affiliasi kita. Sebelum menjual perhatikan harga jual dan komisinya, apabila cocok dengan komisinya maka bisa dilanjutkan dengan mempromosikan produk tersebut.

Bila berminat maka bisa menemukan bermacam produk tersebut di beberapa situs marketplace berikut:

 

  • Cakning.com (jual produk fisik/ dropship)
  • Tokopedia.com (jual produk fisik/ dropship)
  • Bukalapak.com (jual produk fisik/ dropship)
  • Ratakan.com (jual produk digital/ affiliate)
  • Idaaf.com (jual produk digital/ affiliate)

 

 

  1. Bisnis Internet Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

 

Bisnis ini cocok sekali untuk seseorang yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Salah satu platform yang mudah untuk dipelajari dan diterapkan dalam membuat sebuah website/ blog adalah WordPress. Pada WordPress, ada banyak sekali themes/ template yang siap pakai dan unik, baik yang berbayar maupun yang gratis dengan tampilan yang professional tinggal dipilih sesuai dengan bisnis online yang kita miliki.

Pada awalnya memang masih terasa kurang mampu membuat dan menjalankan bisnis ini, namun jika Anda sudah terbiasa membuat sebuah website/ blog keren tentu calon pembeli Anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa jasa Anda. Dan perlu kita diperhatikan sebelum menjual jasa ini, sebaiknya kita juga memiliki website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di situs marketplace berikut:

Projects.co.id

Sribulancer.com

Agar bisa menjalankan bisnis ini dengan baik tentunya Anda harus memiliki rekanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas.

 

  1. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis/ Membuat Konten Website

 

Menjual jasa menulis adalah salah satu jenis bisnis online yang paling laris di Indonesia saat ini. Alasannya karena sekarang ini banyak media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis untuk mengisi konten website tersebut.

Konten website bisa dalam bentuk teks, gambar dan video. Namun dari kebanyakan konten website yang saya lihat rata-rata menggunakan teks atau artikel. Jika disekitar Anda ada orang yang memiliki kemampuan dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar maka peluang bisnis online ini bagus untuk ditekuni.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipasarkan.

Ada banyak sekali pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk website dan bisnis mereka. Jika Anda serius ingin membangun usaha online di bidang bisnis jasa penulis artikel website, mereka inilah target market ideal Anda.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di beberapa situs ini:

Sribulancer.com

Projects.co.id

Sribu.com

 

  1. Bisnis konvensional yang dionlinekan.

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, model bisnis konvensional juga bisa kita dijalankan secara online untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Ada cukup banyak pebisnis UKM yang berhasil mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan berlipat setelah memasarkan bisnisnya secara online. Tentu saja harus ada sebuah bisnis atau produk yang akan dijual.

Sebenarnya untuk membuat bisnis konvensional yang akan dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yang besar. Akan lebih baik membuat website dan media sosial sebagai pendukung marketing online untuk promosinya.

Beberapa contoh bisnis konvensional yang dionlinekan :

Memasarkan kerajinan rumah tangga dengan website sendiri

Memasarkan beberapa jenis lauk pauk via YouTube

Menjual makanan kering via Instagram

Menjual asesoris perlengkapan sholat via Facebook

 

  1. Berbisnis Multi Level Marketing Secara Online

Sampai detik ini masih banyak orang yang berpandangan negatif tentang bisnis Multi Level Marketing dan segera menutup diri bila ada yang menawarkan bisnis Multi Level Marketing pada mereka.

Kenyataannya bisnis Multi Level Marketing ini sangat berpotensi dan memberikan keuntungan pada banyak orang.  Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis Multi Level Marketing memiliki potensi keuntungan bagi kita. Saat ini sudah ada bisnis Multi Level Marketing yang berbasis syariah artinya semua produk dan bagi hasil bisnisnya sesuai dengan ketentuan syariah.

 

Lihat juga :  Cara membangun Sukses dari nol

 

Saya sendiri bergabung di bisnis Multi Level Marketing yang 2 tahun lalu sudah go online dengan segala fasilitas tools/ alat bantunya untuk menunjang pengembangan dan ekspansi keseluruh Nusantara serta dunia, yang saat ini sudah memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Saya memilih bisnis Multi Level Marketing online ini  karena produknya memang berkualitas dan banyak digunakan oleh masyarakat dengan jenjang usia yang cukup lebar dari kebutuhan anak sampai orang dewasa. Selain itu, setahu saya ada beberapa bisnis Multi Level Marketing lainnya yang memiliki potensi bisnis yang sangat bagus, namun saya tidak bisa memberikan review tentang bisnis tersebut karena saya memang belum pernah ikut.

Demikianlah 8 info cara mudah berbisnis online yang merupakan peluang memulai usaha. Terima kasih karena anda sudah bantu share kepada teman dan kerabat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Anda bisa bergabung bersama kami melalui facebook dan twitter.

 

 

Pencarian dari Google :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *